Selasa, 26 November 2013

Bagaimana merubah kebiasaan sehat ini menjadi Kebiasaan yang Permanen yang sehat yang menjadi pola hidup sehat anda? Berikut adalah 6 dasar strategi untuk sukses turun berat badan




Bagaimana merubah kebiasaan sehat ini menjadi Kebiasaan yang Permanen yang sehat yang menjadi pola hidup sehat anda?  Berikut adalah 6 dasar strategi untuk sukses turun berat badan

1. BUAT KOMITMEN
Turun berat badan secara permanen (yang hilang dari tubuh anda benar-benar jaringan lemak, bukan kadar air) membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang keras. Hal ini benar-benar membutuhkan komitmen dari anda sendiri. Yakinkan diri anda bahwa anda MAU untuk berubah. Untuk tetap bertahan dengan komitmen anda tentu anda butuh fokus pada goal anda (Sehat & Bahagia). Hal ini butuh mental dan energi fisik yang besar untuk merubah kebiasaan lama anda.

Untuk itu anda harus menulis dan merencanakan segala sesuatu yang membuat rencana anda berantakan.


Merubah gaya hidup sehat itu susah karena banyak tekanan dari pihak lain. Saya ambil contoh :
§  Berani Membuang Uang Anda Lebih Banyak. Jangan dikira hidup sehat itu murah. Hidup sehat lebih mahal dari kebiasaan anda makan dan jajan diluar. Pengeluaran pasti lebih besar , tapi juga tidak sebesar yang anda perkirakan. Tapi ini adalah investasi jangka panjang. Semakin baik kualitas yang anda makan, kemungkinan anda sakit semakin kecil. Sebaliknya semakin ngawur anda makan (kambing, sea food, bebek atau makanan yang belemak – contoh makanan tidak sehat) semakin besar anda terkena penyakit kardiovascular ( Stroke atau jantung ). Dan ini tidak terlihat gejalanya sampai di umur sekitar 40 tahunan. Dan biasanya sudah lumayan parah. Biaya pengobatan bila dibandingkan dengan  biaya upaya sehat anda akan jauh lebih besar. Bahkan sangat besar.
§  Berani berkata tidak jika diajak makan-makan besar terutama makan malam (terutama ajakan teman)
§  Berani melakukan apapun untuk merubah kebiasaan makan, dari makanan berlemak yang enak dan gurih, menjadi sering makan sayur dan buah.
§  Membiasakan diri tidak bergantung pada mobil atau motor. Gunakan sepeda atau jalan kaki sebagai kebiasaan baru.
§  Saat meeting atau pesta, berani hanya mengambil makanan yang rendah kalori, meskipun disana saya yakin 1000% banyak makanan enak.
§  Berani membuang kebiasaan rokok / kopi baik pada pria / wanita. Rokok dan kopi membuat masalah terpending sementara, hormon stress akan datang lagi, anda akan makan lebih banyak dari sebelumnya.
§  Berani dikucilkan dari pergaulan. Orang yang berani merubah kebiasaan menjadi sehat bukannya diterima sebagai contoh yang benar, justru dalam masyarakat kita dianggap aneh.
§  Jadi Mental, Pikiran dan Energi harus siap akan segala sesuatu. Bila anda sakit karena makan tidak sehat, yang mengobati keluarga anda bukan, bukan teman dan komunitas anda.
§  Ambil pilihan hidup sehat sebagai investasi jangka panjang yang sangat BERNILAI. Di usia 40 tahun keatas , seleksi alam akan dimulai. Siapa yang tidak hidup sehat akan sering sakit-sakitan dan berujung pada penderitaan. Siapa yang hidup sehat, bisa menikmati hari – hari dengan keluarga mereka.

Setelah anda menulis segala sesuatunya dan anda sudah memikirkan cara menghadapinya. Maka mulailah kebiasaan hidup sehat anda. Dimulai dari SEKARANG. Bukan besok, bukan lusa, Sekarang !

2. Temukan Motivasi dalam diri anda
Tidak ada seorangpun yang mampu menggerakkan anda untuk menurunkan turun berat badan. Banyak kasus dimana baik pria maupun wanita sudah sangat keras kepalanya, disuruh diet itu susah padahal segala keluhan kesehatan sudah didapat, tetapi tetap tidak mau diet.  Bahkan orang terdekatnya pun baik suami/istri/anak/orang tua sudah memberikan semangat bahkan uang tetapi tetap tidak mau diet.

Mungkin anda salah satu dari tipe orang semacam ini. Untuk diet kenyataannya memang TIDAK BISA DIPAKSA. Diet adalah kesadaran dari dalam diri seseorang untuk MAU dan Berkomitmen untuk melakukan diet.

Anda harus menanyakan pada diri sendiri, apa saja alasan yang mendasari anda untuk melakukan diet.  Meskipun anda dibayar jutaan, jika dari dasarnya anda memang tidak ingin sehat dan cuek dengan kesehatan anda sendiri, maka hal ini adalah percuma.

Anda harus mencari motivasi didalam diri anda. Motivasi yang bagaimana? Motivasi yang membuat anda mau untuk berkomitmen menjalani hidup sehat. Ada orang yang mengalami diabetes tipe 2 dan akut, jari kakinya sudah dipotong tetapi tetap tidak mau berhenti untuk makan Roti !  Motivasi itu sulit , meskipun sudah seperti itu tetapi tetap saja tidak punya motivasi untuk sehat.

Sebelum anda terlambat, cari motivasi di dalam diri anda. Bukan hanya sekedar motivasi, tapi benar-benar motivasi yang bisa menyentuh hati anda. Apa yang anda lakukan – menjalani hidup sehat – akan sangat mempengaruhi 5 – 10 tahun ke depan. Menjadi sehat itu Tanggung Jawab Anda. Bukan orang lain. Jangan salahkan orang tua jika mereka bisa memasak enak, dan anda makan terus. Jangan juga salahkan Restoran langganan anda yang menunya enak-enak. Jangan juga salahkan teman anda yang selalu mengajak untuk makan enak. Ingat sekali lagi , menjadi sehat adalah pilihan hidup. Motivasi internal anda memegang kunci yang sangat penting.

Bergaullah dengan orang – orang yang sudah menjalani hidup sehat. Contoh dan pelajari caranya. Jangan malu. Hidup sehat tidak perlu malu. Anda pesan di restoran tidak perlu malu pesan air putih. Air putih itu murah dan paling sehat diantara segala minuman yang bergula dan enak. Jika anda sudah berkumpul dengan mereka yang menjalani hidup sehat, anda akan terpacu untuk menjadi lebih baik dibanding saat sekarang.  Artis – artis yang kaya raya ternyata juga banyak yang vegetarian lho

3. Tentukan Tujuan Diet yang Realistis 
Sepertinya mudah untuk menentukan berapa berat badan yang anda inginkan. Tetapi berapa kg yang realistis ?

Untuk hasil turun berat badan permanen atau tidak mudah naik berat badan dalam jangka panjang, paling baik untuk turun berat badan adalah 1/2 kg atau 1 kg setiap minggu. Untuk turun 1/2 kg anda harus membakar 3500 kalori . Sehingga setiap hari (selama seminggu) anda harus membakar 500 kalori. Bila anda biasanya makan 2000 kalori sehari, yang 500 kalori harus anda bakar dalam bentuk aktifitas atau olahraga. Atau kalau dengan diet saja (porsi olahraga kecil) , anda harus membatasi hanya 1500 kalori saja selama sehari.

Jika anda ingin mempercepat turun berat badan, caranya bukan dengan semakin membatasi kalori yang masuk, kalori harian yang masuk dijaga di 2000 kalori, tetapi anda harus mau olahraga untuk membakar kalori diatas 500 (misalnya membakar sampai 750 kalori). Hal inilah yang membuat anda cepat turun berat badan.

Dengan merubah pola makan anda menjadi lebih sehat (banyak makan sayur dan buah), kalori yang masuk di tubuh anda akan otomatis terbatas, dan jika anda menerapkank olahraga, hal ini sangat baik karena mempercepat anda untuk turun berat badan.

Olahraga apa yang baik. Jalan kaki 30 menit sehari sudah cukup. Untuk aktifitas harian usahakan banyak jalan kaki. Jalan kaki yang efektif akan membakar kalori lebih banyak, tetapi anda tidak merasa capek. Dibanding dengan langsung lari selama satu sesi latihan. Membakar kalori dengan olahraga diusahakan yang bisa anda nikmati dan tidak membuat capek. Yang paling penting adalah rutinitas. Silahkan anda coba setiap pagi jalan kaki selama 30 menit saja. Makanan tentu dipilih yang sehat. Dan silahkan dilihat 1 bulan ke depan.

Angka turun berat badan juga harus realistis. Paling aman bagi tubuh adalah turun 4-5 kg /bulan. Jika anda  menerapkan pola hidup sehat, hasil nyata bisa anda nikmati 3 bulan kemudian. Ingat hidup sehat selama 3 bulan, tetapi hasil yang anda dapat lebih tahan lama. Anda juga akan terbiasa hidup sehat dengan memilih makanan yang sehat serta melakukan aktifitas yang sehat. Hal inilah yang bisa menjaga berat badan anda yang sudah langsing bisa bertahan sampai tua.

4. Nikmati Makanan Sehat atau Setidaknya Latihan Menikmati Makanan Sehat
Beradaptasi gaya makan baru yang menunjang turun berat badan anda harus diikuti dengan menurunkan banyaknya kalori yang masuk ke tubuh anda. Tetapi meskipun anda menurunkan kalori dari yang anda makan bukan berarti menurunkan kualitas dan rasa dari makanan yang anda makan.

Salah satu cara cepat untuk menurunkan jumlah kalori yang anda makan adalah dengan banyak makan makanan yang berbahan tumbuhan. Bisa buah atau sayur atau kombinasi masakan dari bahan tersebut. Selain buah dan tumbuhuan, makanan dari jenis biji-bijian terutama yang mengandung indeks glikemik rendah bisa anda masukkan dalam menu anda (seperti gandum). Usahakan yang anda konsumsi terdiri dari beberapa jenis rasa, sehingga anda tidak mengorbankan rasa dari makanan untuk diet. Karena banyak yang mengira bahwa makanan rendah kalori identik dengan makanan yang tidak enak.

Untuk selanjutnya, dalam diet anda harus sarapan. BUKAN TIDAK SARAPAN. Apa yang anda makan untuk sarapan adalah makanan yang sehat, jangan terlalu banyak nasi. Nasi memang mengenyangkan tapi tidak bagus, karena membuat gula darah anda naik cepat, dan anda lebih murah mengantuk. Usahakan makan sayur 4 porsi dan buah 3 porsi sehari. Konsumsi lemak yang sehat yang didapat dari minyak zaitun atau minyak sayur. Selanjutnya anda harus membuang semaximal mungkin gula dari diet anda. Bukan tidak mengkonsumsi sama sekali. Bila anda biasa minum teh manis, coba dirubah polanya dengan minum air putih. Jika sempat konsumsi susu atau produk olahan dari susu tetapi bukan dalam jumlah besar (secukupnya saja) dan konsumsi daging 100 gram sehari.

5. Selalu Bergerak dan Aktif
Kunci untuk turun berat badan adalah membakar kalori lebih banyak dari kalori yang anda makan. Turun berat badan yang sehat adalah 1/2 kg tiap minggu. 1/2 kg turun berat badan sama dengan membakar 3500 kalori.Jadi setiap hari anda membakar / membuang 500 kalori dari menu anda.

Jika anda diet turun berat badan tapi anda tidak olahraga sama sekali maka :
§  Jika anda setiap hari mengkonsumsi makanan 2000 kalori, yang 500 kalori harus anda potong dari makanan yang anda konsumsi.  Misalnya dalam sehari anda makan 3X (2000 kalori), maka porsi anda harus dibuang (500 kalori). Jadi dalam sehari anda makan 1500 kalori. – dengan kata lain, anda  harus menahan lapar.   (Biasanya makan 2000 kalori, jika dikurangi porsi kalori anda akan merasa lapar dan ini adalah wajar)

Jika anda diet turun berat badan tetapi tidak ingin mengurangi makan anda, maka :
§  Jika sehari anda makan 2000 kalori, anda tetap makan 2000 kalori dalam sehari. Tetapi anda harus berolahraga untuk membakar yang 500 kalori. Jadi dalam sehari sisa kalori anda hanya 1500 kalori.

Anda bisa memilih cara diatas, kalau cara pertama anda akan merasa lapar (namanya diet memang harus menahan lapar) atau tetap makan tapi capek (olahraga pasti capek)
Jadi dengan diet alami TIDAK ADA YANG ENAK -> TAPI hasil  yang anda peroleh akan luar biasa. Anda akan terbiasa untuk hidup sehat  :
§  Pertama kali pasti menahan lapar, lama-lama anda akan biasa, dan akan tahu mana makanan yang sehat mana yang tidak
§  Jika olahraga pasti pertama kalinya capek, untuk berikutnya anda akan ketagihan kalau  tidak berolahraga.
§  Jadi kedua cara diatas = BENAR

Kalau saya ingin mempercepat turun berat badan, bagaimana cara yang benar ?
Turun berat badan cepat TIDAK AKAN TERCAPAI kalau anda hanya berkhayal dan cari yang mudah. Usaha tetap diperlukan !
Ingin cepat turun berat badan – kombinasikan kedua cara diatas.  Ya diet, Ya Olahraga.
Capek donk … !

Pertama kali . IYA ! pasti bosan dan capek.
Tetapi tubuh manusia itu unik, begitu tubuh menyesuiakan ritme baru kehidupan anda. Anda akan merasa enjoy.

Saat berat badan anda BISA TURUN – dan yang turun adalah LEMAK (bisa dilihat dilingkar perut anda), semangat anda terpompa luar biasa.  Kebahagiaan sangat luar biasa.
Anda akan berpikir : kok bisa ya, capek sih, tapi kalau hasil turun berat badan cepat dan sehat gini, saya akan mencoba cara yang lebih extreme lagi ah …
Semangat membuat anda tertantang untuk turun berat badan lebih banyak lagi. Dan disinilah fun nya, ada saatnya berat badan tidak turun sama sekali. Anda akan cari informasi – MENGAPA ?

Jika sudah ketemu jawabannya – anda akan tersenyum.  PERBANYAK GERAK ! inilah rahasia cepat turun berat badan. Konsumsi kalori kalau sudah diangka 1000 – 1500 kalori jangan dipotong lagi. Tetapi makan seperti biasa (1000 – 1500 kalori sehari) TAPI perbanyak gerak. Tidak harus olahraga. Tapi berjalan. Gunakan pedometer untuk menghitung langkah kaki anda sampai 10.000 langkah/hari. Dijamin capek tapi kalori terbakar cepat. Kalau sudah terbiasa tidak akan terasa capek, bahkan anda akan merasa kalau tidak bergerak itu tidak enak.

Jalan kaki dimana? Pengen 10.000 langkah tapi tidak berasa ? Ya jalan-jalan ke Mall. Dijamin tidak berasa bahwa anda sudah mempunyai 5000 langkah. Kalau jalan-jalannya sore, berarti pagi sampai sore anda harus menabung 5000 langkah dulu. Dilanjutkan ke Mall sore harinya 

6. Rubah Cara pandang Anda
Ada seseorang yang diet dengan Herbalife, semua langkah dia tempuh , menggunakan paket Ultimate selama 10 bulan. Dan bisa turun 30 kg !
2 Tahun kemudian beliu kembali gemuk. Apa yang salah ? Diet Herbalifenya kah? atau lainnya ?
Perlu ditekankan kembali. Diet Herbalife bukan seperti anda minum obat pelangsing, kemudian turun berat badan. Bukan itu !

Herbalife “hanya” Nutrisi  yang akan merawat tubuh anda selama diet, jadi selama diet anda tidak akan mengalami yang namanya letih , lemah , lesu. Karena nutrisi sel anda yang jutaan jumlahnya itu tetap sehat.

Kalau anda hanya makan makanan sehat dan olahraga selama diet saja !, maka jika tidak dibarengi cara pandang anda tentang diet dan pengetahuan yang benar tentang cara hidup dan pola hidup sehat, Berat badan yang anda dapatkan dengan sudah payah tidak akan bertahan lama.

Silahkan anda pikir, meskipun itu sedot lemak, diet model apapun dari A – Z jika cara pandang anda tentang makanan tidak berubah, anda akan kembali gemuk seperti sedia kala.
Kunci disini adalah cara pandang anda tentang pola dan cara hidup sehat. Gunakan cara hidup sehat sebagai kebiasaan. Misalnya : minum ya air putih, bukan cola, teh manis, softdrink dan lainnya. Alam sebenarnya sudah menyediakan supaya manusia hidup sehat. Contohnya :air putih, sayur, buah.

Makanan yang diolah apapun itu tetap lebih baik makanan dari alam. Jadi jika anda ingin sehat sampai tua kembalilah kepada alam. Makan makanan yang benar dari alam. Olahragalah, ini adalah tuntutan alam. Manusia harus bekerja, bekerja tentunya dengan aktifitas fisik. Jika anda orang kantoran yang seharian duduk, usahakan tetap bisa olahraga. Atau kalau kata olahraga begitu mengerikan bagi anda, “bergeraklah”, jalan kaki, bersepeda, naik tangga adalah termasuk aktifitas yang bergerak dan sehat.

Jadi jika ingin turun berat badan cepat, Gunakan no.1 – no.5.
Jika anda ingin turun berat badan , dan terjaga selamanya Gunakan no.6

Semoga langsing, sehat selamanya menjadi milik anda. Jangan mau menyerah dengan pola hidup tidak sehat. Ayo lawan obesitas dan gaya hidup tidak sehat. Ayo kembali ke alam dan bergeraklah !

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar