Selasa, 19 November 2013

Buah Untuk Diet



Buah dengan aneka warnanya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Usahakan mengonsumsi 10 buah warna-warni untuk diet harian anda.
Buah bukan sekedar ‘pencuci mulut’ usai makan. Selain kaya vitamin dan serat, buah mengandung fitokimia atau zat warna buah, yang adalah antioksidan kuat. Antioksidan adalah zat yang bekerja melawan radikal bebas, yaitu “molekul liar” dalam tubuh yang dapat menyebabkan kulit kusam, penuaan dini, diabetes, kanker dan lain-lain.

Apa itu radikal bebas ?
Radikal bebas adalah molekul yang elektronnya tidak memiliki pasangan sehingga akan menarik elektron dari sel sehat untuk membuatnya lengkap. Akibatnya, sel sehat tersebut rusak.
Misalnya, dinding pembuluh darah itu mulus. Radikal bebas menyebabkan pembuluh darah rusak, sehingga kolesterol dapat menempel. Radikal bebas muncul karena polusi, rokok dan metabolisme tubuh


Kebanyakan makan juga membuat pelepasan radikal bebas meningkat. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas, dengan cara memberikan elektronnya hingga radikal bebas menjadi “jinak”. Dalam Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS), buah-buahan menempati urutan kedua terbesar yang mesti dikonsumsi, setelah karbohidrat.
Buah adalah sumber air, sementara inti sel tersusun dari air. Juga sumber vitamin, mineral dan serat yang adalah prebiotik (makanan bagi bakteri baik/probiotik di usus).

Warna Buah Untuk Diet

Mengenai zat warna buah, banyak penelitian menyebutkan manfaatnya.
§  Wama merah pada tomat bisa mengusir kanker prostat. Penelitian di Harvard menemukan, 10 piring tomat tiap minggu mengurangi risiko kanker agresif sampai setengahnya.
§  Wama kuning dari jagung atau mangga membantu mencegah degenerasi makular, yang menyebabkan kebutaan terbanyak pada usia >65 tahun.
§  Pigmen keemasan pada kari bisa mengurangi peradangan dan mencegah kanker usus besar.
§  Warna biru pada buah bilberry memperkuat penglihatan pada malam hari.
§  Dan, pigmen indigo pada buah blueberry dapat mempedambat penurunan mental yang terjadi saat kita menua. Masing-masing buah memiliki fitokimia yang unik; inilah yang membedakan stroberi dari jeruk atau anggur.
§  Bahkan buah berwarna putih, seperti pear dan bawang punya manfaat, yakni mengendalikan kolesterol darah. Senyawa fitokimia ini adalah sistem kekebalan pada tanaman, tapi bermanfaat bagi tubuh manusia. Tanaman anggur, dengan fitokimianya yang disebut resveratrol, dapat memerangi bakteri dan infeksi jamur. Bagi manusia, resveratrol bermanfaat untuk meredakan penyakit jantung.

Untuk mendapatkan manfaat fitokimia dalam buah, sebaiknya mengonsumsi 10 macam Buah aneka warna tiap hari. Memakannya bisa di jus atau blender jadi satu.Sebagai permulaan, coba dengan 5 macam buah beda warna. Kapan pun waktunya, balk untuk makan buah. Pagi minum jus aneka buah, siang dan malam makan buah. Jika ingin makan buah dengan maksud tertentu, misal mengurangi berat badan, konsumsilah buah sebelum makan.
Buah untuk diet memang bermacam-macam tetapi sebaiknya penuhilah kebutuhan nutrisi dari buah dengan bermacam-macam vitamin yang bisa anda tentukan dari warna buah

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar